Info Peluang Emas Usaha Jual Beli Tanah di Kota Yogyakarta

Posted on

Prospek Usaha Jual Beli Tanah di Jogjakarta

Jual-beli tanah di Yogya tentu bisa jadi suatu usaha dagang yang didambakan hampir setiap orang. Hal ini berhubungan dengan wilayah Jogja yang amat ideal sehingga di masa depan punya peluang harga jual yang lebih tinggi. Akan tetapi tentunya butuh tips tertentu agar usaha yang satu ini menjadi makin lancar. Di bawah ini akan dibahas trik khusus secara lengkap agar sukses dalam bisnis jual beli tanah di Yogya.

Keuntungan Usaha Jual Beli Tanah Jogja

Secara umum, Jogja merupakan salah satu kota besar yang makin waktu kian berkembang pesat. Didukung oleh destinasi wisata dan banyaknya kampus, banyak orang dari luar daerah yang tahu dan mendatangi Jogja. Dampaknya permintaan lahan di Jogjakarta juga naik. Hal ini mempengaruhi kenaikan banderol tanah dan properti lain. Tak heran jika di Jogja ada sebagian besar pemilik tanah yang memiliki cara tepat menjual tanah.

Jogja merupakan suatu area yang mempunyai sarana komplit, dan kian waktu kian berkembang pesat. Keadaan ini berkenaan dengan wilayah Jogjakarta yang strategis karena banyaknya spot potensial untuk mendirikan bisnis. Seperti bisnis pertokoan, rumah makan, motel, hotel, mal maupun usaha lain.

Harga tanah di Jogjakarta makin kompetitif. Semakin hari harga properti ataupun tanah kian tinggi di Jogjakarta. Tidak mengherankan, karena untung yang akan didapatkan di kemudian hari juga akan mahal. Sekarang ini saja harga tanah di Yogyakarta sudah sangat mahal. Terlebih lagi di tahun-tahun kedepan. Pasti hasil yang bakal didapat berkali lipat. Maka, apabila mempunyai tanah di Yogya, pergunakan itu untuk aset. Tetapi apabila memang pengin jual tanah Yogya, tentunya banderol yang tepat agar enggak rugi.

jual beli tanah jogjakarta

Kiat Beli tanah di Jogja

Untuk kamu yang ingin mempunyai tanah di Jogjakarta, pastinya dibutuhkan suatu transaksi jual beli. Bakal calon pembeli mesti mengetahui tips yang pas untuk memiliki maupun membeli tanah di Jogja agar enggak timbul perasaan kecewa dikemudian hari. Berikut ini tips yang bisa dilaksanakan:

1. Tidak Boleh Terburu-buru

Perbanyak pilihan dan survey dan juga bandingkan harga, lokasi tanah, karena beragam pilihan tanah yang di jual di Jogja. Pilihlah area yang potensial untuk beberapa tahun berikutnya. Hal ini pastinya krusial sekali buat invest dan memperoleh keuntungan bila tanah bakal dijual nantinya.

2. Jangan Beli Tanah Kavling

Kavling ialah tanah yang telah diolah oleh pengembang perumahan. Pada Umumnya kavling telah ditetapkan banderol mahal oleh developer. Jika memang mau beli tanah untuk invest, beli aja lahan yang masih murni. Janganlah beli tanah kavling, lantaran kurang untung. Kecuali apabila memang mau membeli untuk dibikin bangunan.

3. Penjual Buru-buru Karena Butuh

Apabila memungkinkan, carilah penjual yang ingin menjual tanahnya lantaran mendesak. Hal ini akan sangat menguntungkan lantaran Penjual butuh tentu menawarkan banderol yang jauh lebih rendah dari harga biasa.

4. Perkirakan Keuntungan

Estimasi secara pasti keuntungan di waktu yang akan datang. Misalnya kalau tanah bakal di jual lagi di tahun tahun mendatang dengan minimum laba sampai 17%. Bila harga di masa yang akan datang sesuai target, maka tanah ini pasti cocok untuk investasi.

5. Janganlah Sekali-kali Asal-asalan Memilih Posisi Tanah

Posisi tanah pun amat krusial. Tanah di sisi jalan bakal lebih mempunyai peluang kenaikan harga yang cepat di masa depan. Lain dengan tanah di depan kuburan, atau di sisi menara SUTET. Jangan juga beli tanah di kawasan industri yang membikin bahan-bahan yang mudah meledak. Lokasi tanah pun kudu jauh dari tempat pembuangan sampah umum dan jangan sampai membeli tanah mudah longsor untuk didirikan tempat tinggal diatasnya. Karena, poin utama penggerak harga suatu tanah ialah posisi. Dapat digaransi, harga jual tanah akan meningkat bila ada di posisi strategis, misal jalan gampang ditempuh, tidak jauh dari mall, dan beberapa fasilitas sosial. Kalau kepengin membeli tanah, anda mesti cermat memperhatikan areanya. Caranya, dengan menganalisis karakter sebuah wilayah dan memprediksi situasinya di masa yang akan datang.

6. Pilihlah Area Potensial

Sebaiknya, pilih saja area yang potensial, misalnya area yang tepat di depan jalan. Tanah di sisi jalan bakal begitu berharga. Selain harganya di masa depan bakal mahal, sebelum tanah tidak di jual dapat dibuat wilayah yang menghasilkan uang. Seperti dengan menyewakan sebagai lokasi parkir, membuka rumah makan, dan sebagainya.

7. Teliti Area Tanah

Pastikan kalau wilayah di sekeliling lahan adalah area yang tentram. Pastikan pula jika wilayah tersebut tak ada pada wilayah berbahaya.

8. Periksa Keabsahan Sertifikat

Hal ini juga sangat krusial sebelum membeli tanah untuk meminimalisir risiko penipuan. Pastikan penjual memiliki berkas yang komplit. Pastikan juga tanah tersebut teregistrasi di BPN.

9. Bikin Perjanjian Dengan Pemilik Tanah

Jika akan dilangsungkan negosiasi, buat perjanjian dengan penjual. Mohonkan perjanjian mengenai sekitar transaksi. Seperti, membayar uang muka terlebih dulu seberapa banyak dengan jaminan jika pelunasan akan dibayarkan sesudah berkas yang lain dan surat-surat balik nama rampung.

10. Tidak Dalam Sengketa

Alangkah baiknya, jangan membeli tanah berstatus perebutan warisan, didalam jaminan bank, surat-suratnya tidak lengkap, dan lain-lain. Tanah yang hak miliknya tidak terang cuma bakal menyusahkan dan merugikan.
Tips buat meyakinkan tanah tidak sengketa adalah dengan mencari tahu sejarah tanah. Anda harus bertanya kepada pejabat sekitar sebelum membelinya, biar tahu histori tanah tersebut. Terlebih jika tanah tersebut nggak memiliki sertifikat, masih berbentuk surat girik, jangan pernah kamu membikin Akta Jual Beli (AJB) sebelum mengetahui sejarahnya. Sekalipun dapat bikin sertifikat tanah atas nama kalian sesudah membelinya, tak terus akat tanah itu tidak bisa digugurkan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) jika kenyataannya penjual tanah bukan yang berhak menjualnya.

jual beli rumah di jogja

11. Perhatikan Ongkos Pencatatan Jual Belinya

Beli tanah enggak sekedar perkara berapa biaya per meter persegi. Namun, teliti juga masalah biaya yang lainnya seperti ongkos admin dengan pihak notaris, pajak, dan sebagainya. Jika sudah seperti itu, pembuatan keabsahan kepemilikan tanah bisa selesai dengan segera.

12. Tak Bisa Diuangkan

Tanah adalah jenis investasi yang sifatnya tak likuid atau enggak bisa diduitkan dalam jangka waktu cepat. Maka sebaiknya, tanah tidak dijadikan keuangan mendadak ataupun keuangan utama. Tapi sebaiknya, Anda beli tanah untuk investasi yang dananya berasal dari dana tidak terpakai ataupun uang tabungan.
Sementara kalau modal terbatas, maka bisa beli tanah yang tidak mempunyai prospek pengembangan saat ini, ataupun dengan kata lain, banderolnya masih sangat ekonomis. Tetapi, di masa depan, tanah tersebut bakal beranjak tinggi dan Anda pun menjadi laba.

13. Bebas Penggusuran

Selain itu, harus dipastikan supaya tak membeli tanah milik negara atau tanah yang termasuk dalam perencanaan pembangunan pemerintah. Sebab, tanah ini mempunyai risiko jadi tujuan pembebasan lahan. Sekarang ini, memiliki sertifikat tanah enggak menjadi garansi tanah bebas penggusuran.
Menurut Undang-Undang nomor dua thn 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan buat layanan publik Pasal 5, pihak yang berhak memberikan tanahnya tatkala pelaksanaan Pengadaan tanah bagi Kepentingan sosial, seusai ada ganti rugi berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum.
Dengan memahami hal-hal di atas, maka pembelian tanah jadi kian lancar dan Anda pun bisa terbebas dari masalah di kemudian hari.

Anda lagi mencari tanah atau rumah di seputaran wilayah Jogjakarta?…Hubungi saja kontak WA di bawah ini: